PEMILIHAN BPD DESA PASIRDOTON PERIODE 2019-2024

Pasirdoton –  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis. Maksud dari dibentuknya BPD di desa sebagai pendorong penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat serta mendorong untuk melaksanakan pemerintahan desa yang lebih baik. Anggota BPD diambil dari keterwakilan masyarakat dan keterwakilan perempuan dengan jumlah gasal di tiap desa. Dengan mengacu pada Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 serta dengan jumlah penduduk desa dengan jumlah 5.667 jiwa, maka Desa Pasirdoton membutuhkan anggota BPD sebanyak 7 orang dengan penyebaran sebagai berikut :

  1. Dusun Pasirdoton sebanyak 2 orang;
  2. Dusun Cipanas sebanyak 2 orang;
  3. Dusun Papisangan sebanyak 1 orang;
  4. Dusun Babakanjampang sebanyak 1 orang;
  5. Keterwakilan perempuan sebanyak 1 orang.

Mengacu pada peraturan menteri dalam negeri tersebut, maka Bapak Imam Apandi selaku ketua panitia pemilihan BPD Desa Pasirdoton beserta jajaran panitia lainnya melakukan tahapan – tahapan dimulai sejak bulan September tahun 2018 .

Panitia pemilihan malaksanakan pemilihan langsung di empat Dusun Yang ada diwilayah Desa Pasirdoton. Dimana diketahui bahwa di masing -masing kedusunan harus memiliki perwakilan sebagai anggota BPD Desa Pasirdoton.  maka dari itu perlu adanya pemilihan langsung oleh masyarakat.

Pemilihan berjalan dengan lancar dimulai dari pukul 13.00 hingga pukul 15.30. Dari jumlah daptar pemilih perdusun yang ada didesa Pasirdoton stiap dusun memiliki hak pilih sesuai dengan peraturan.

Adapun  pemenang dalam pemilihan tersebut dari masing-masing dusun adalah sebagai berikut :

  1. Dusun Pasirdoton sebanyak 2 orang dimenangkan oleh Bapak Makto Sumakto dan Bapak Jaenal Aripin
  2. Dusun Cipanas sebanyak 2 orang dimenangkan oleh Bapak Diding dan Bapak Rizwan
  3. Dusun Papisangan sebanyak 1 orang; Dimenangkan oleh Bapak Usep
  4. Dusun Babakanjampang sebanyak 1 orang Dimenangkan oleh Bapak Iwan

Semoga jiwa demokrasi yang sudah tertanam kuat di desa kami sebagai adat dan budaya desa bisa menyatukan perbedaan pendapat menjadi win win solution dan menjadi titikbalik jawaban kemajuan pembangunan desa di segala bidang. Penulis. (09/02/2019)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan