KEGIATAN POSYANDU DESA PASIRDOTON

POSYANDU adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh Petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat ( UKBM ). Yang merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab Kepala Desa. Ini merupakan suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di Balai Desa, Balai Dusun, RW dan sebagainya disebut dengan Pos Pelayanan Terpadu ( POSYANDU ). Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggaraan, aspek dana dan lain sebagainya.

Desa Pasirdoton telah melaksanakan kegiatan tersebut secara rutin di seluruh wilayah Pemerintahan Desa Pasirdoton, yang di Fasilitasi dari petugas PKD ( Poliklinik Kesehatan Desa ) dan petugas kesehatan Puskesmas dibantu oleh para Kader Posyandu di wilayah masing – masing. Diadakannya kegiatan Posyandu secara rutin tersebut, diharapkan secara berkala pemetaan dan kondisi kesehatan masyarakat di wilayah Desa Pasirdoton dapat diketahui secara baik, sehingga Pemerintahan Desa Pasirdoton bisa mengetahui dan mengontrol kondisi kesehatan Masyarakat secara Global melalui petugas PKD dan unsur petugas kesehatan dari PUSKESMAS.

Dengan demikian, diharapkan data kondisi kesehatan masyarakat di wilayah Pemerintah Desa Pasirdoton dapat selalu diketahui dengan akurat dan baik. Semoga dengan diadakannya kegiatan POSYANDU secara rutin dan merata di Desa Pasirdoton ini, kondisi kesehatan masyarakat dapat terus terjamin sesuai dengan tujuan dan harapan.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan