PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA

Pasirdoton- Aparatur pemerintah desa merupakan aparat pemerintah tingkat paling dasar yang mempunyai tugas untuk melayani masyarakat. Mereka dianggap aparat pemerintah akar rumput, karena dalam keseharian mereka selalu bertemu masyarakat. Keberhasilan kinerja aparat desa akan berdampak pada keberhasilan program Pemerintah Desa, Pemerintah Daerah dan bahkan Pemerintah Pusat. Karena itu aparatur desa perlu memiliki kapasitas yang memadai sehingga mampu mengayomi masayarakat desa kearah yang lebih baik.

Berkaitan dengan hal ini Pemerintah Desa Pasirdoton, Pemerintah Desa Jayabakti,  dan pemerintah Desa Girijaya bekerja sama dan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa, di Aula Villa Antariksa Resort Cidahu pada Hari Sabtu tanggal 29 Desember 2018 . Di hari pertama kegiatan tersebut secara langsung dibuka oleh Ading Ismail, S.sos selaku Camat  Cidahu dengan tema Pengelolaan Keuangan Desa sebagai upaya pembinaan terhadap Aparatur Pemerintahan Desa untuk memahami Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Kegiatan yang berlangsung satu hari ini menghadirkan Narasumber dari Inspektorat Kabupaten Sukabumi yaitu Drs. Hari Riyadi, MM dan Irfan Firdaus, S.T. Sedangkan dari Dinas PMD Kabupaten Sukabumi yaitu Bapak Jadi Setiawan S.IP.M.Si dan Hodang Pirmansyah.

Dalam sambutannya, Camat Cidahu Ading Ismail, S.sos menyatakan dengan semakin meningkatnya nilai dana desa yang diterima sangat diperlukan pengelolaannya lebih baik. Sehingga dalam penggunaan dana desa benar–benar sesuai dengan maksud dan tujuannya. Sebab pengelolaan yang baik sangat bergantung kepada kapasitas dari pemerintah dan aparatur desa. Sejauh ini, Ading Ismail, S.sos menilai para perangkat pemerintahan desa hingga para kepala urusannya belum sepenuhnya memahami tugas pokok dan fungsinya. “Dalam pelaksanaan tugas pemerintahan desa tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala desa, namun harus ada pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas. Jadi masing-masing orang atau masing-masing urusan mempunyai tugas dan tanggung jawabnya. Harus saling ada kerjasama yang baik,” terang Ading Ismail, S.sos

Materi Pertama dibawakan oleh Bapak Drs. Hari Riyadi, MM dari Inspektorat kabupaten Sukabumi tentang tindak lanjut Sosialisasi Dana Desa . Beliau menegaskan bahwa ADD dan dana Desa yang diterima perlu dimanfaatkan secara baik dilaksanakan sesuai dengan rencana dan tepat sasaran untuk kemajuan dan kesejahteraan masayarakat desa.

dilanjut dengan materi kedua yang dibawakan oleh Irfan Pirdaus, S.T tentang mekanisme pelaksanaan Pengawasan Dana Desa dan pengadaan Barang dan Jasa beliau menjelaskan mengenai sasaran pengawasan dana desa, persiapan sebelum pemeriksaaan,Laporan pertanggung jawaban penggunaan dana desa beliau juga menjelaskan agar penggunaan dana desa harus sesuai dengan yang direncanakan. sementara itu dimateri selanjutnya beliau menjelaskan tentang prinsip pengadaan barang dan jasa,  lalu diskusi.

Materi ke Tiga dibawakan oleh Bapak Jadi Setiawan, S.IP.M.S.i dari Dinas PMD kabupaten Sukabumi tentang Tata Cara Pengelolaan Keuangan Desa. Beliau juga menegaskan sama seperti yang dijelaskan oleh Bapak Drs. Hari Riyadi, MM  bahwa ADD dan dana Desa yang diterima cukup besar jadi perlu dimanfaatkan secara baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masayarakat desa, beliau juga menegaskan tentang pembuatan laporan, SPJ dan perubahan tentang pengelolaan Keuangan Desa dari permendagri No 113 tahun 2014 ke Permendagri No 20 tahun 2018,Selesai materi dilanjutkan dengan diskusi.

Sementara itu Materi Terakhir dibawakan Hodang Pirmansyah, yang membawakan materi tentang Peranan dan Fungsi perangkat desa, BPD dan kelembagaan tingkat desa dalam penyusunan RANPERDES. Beliau menjelasakan secara mendetail tentang tupoksi masing – masing perangkat Desa  dan juga setiap perangkat desa harus mengetahui peraturan perundang-undangan No 6 tahun 2014 tentang Desa. Selain itu beliau juga memaparkan tentang tata cara penyusunan Ranperdes, kaidah menyusun Ranperdes mengikuti langkah – langkah baku.

Pada bagian terakhir Ketua Panitia dan atas nama semua peserta bimtek yang hadir menyampaikan terima kasih Kepada Narasumber dari Inspektorat Kabupaten Sukabumi dan Dinas PMD Kabupaten Sukabumi yang telah bersedia hadir untuk kegiatan tersebut. Ketua Panitia juga mengharapkan semua peserta yang hadir baik dari desa Pasirdoton, Jayabakti maupun Desa Girijaya untuk dapat melaksanakan semua yang diperoleh dari kegiatan dari Bimtek demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang peserta yakni dari Desa Pasirdoton sebanyak 12 orang yang tediri atas unsur Aparat Desa, dari Desa Jayabakti sebanyak 15 orang yakni dari unsur aparatur desa, dan Dari Desa Girijaya Sebayak 13 orang  dari Unsur Aparatur Desa.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan