Pelatihan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya Bagi PIK Remaja

Dalam mewujudkan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja), sangat dibutuhkan konselor sebaya dan pendidik sebaya, karena konseling teman sebaya adalah program bimbingan dilakukan oleh siswa/remaja masyarakat terhadap siswa/remaja masyarakat yang lainnya. Siswa/remaja masyarakat yang menjadi pembimbing sebelumnya diberikan latihan atau pembinaan oleh konselor, diharapkan dapat memberikan bantuan baik secara individu maupun kelompok kepada teman-temannya yang bermasalah atau mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kerpibadiannya. Remaja cendrung berbagi permasalahan dan lebih terbuka dengan teman sebaya.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK Remaja agar mampu menjadi konselor dan pendidik remaja, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan Pelatihan konselor dan pendidik sebaya bagi anggota PIK Remaja Kabupaten Sukabumi Tahun 2018. Melalui pelatihan ini DPPKB Mengundang Pengurus PIK Remaja di 47 Kecamatan dan diharapkan dapat memberikan keterampilan dan memahami prinsip dasar sebagai konselor sebaya dan pendidik sebaya untuk tiap PIK Remaja Kecamatan dan terwujudnya Tegar Remaja yaitu remaja yang berperilaku sehat terhindar dari resiko TRIAD KRR ( seksualitas, HIV AIDS serta Napza).

Pelatihan yang dilaksanakan 1 (satu) hari yaitu pada tanggal 27 November 2018, berjumlah 47 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota PIK Remaja Masyarakat dan PIK Remaja Sekolah  Kabupaten Sukabumi.

Masa remaja adalah masa transisi yang unik, khususyang ditandai berbagai perubahan fisik, emosional dan psikis, dan hal ini bisa membingungkan remaja yang mengalaminya, oleh sebab itu mereka perlu bimbingan, dukungan dan pengertian lingkungan sekitar agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat fisik dan mental paparan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Sukabumi pada pembukaan kegiatan Pelatihan Koselor dan Pendidikan Sebaya Bagi Anggota PIK Remaja Tahun 2018 di Aula Kantor DPPKB Kabupaten Sukabumi pada tanggal 27 November 2018.

Selanjutnya melalui pelatihan ini diharapkan peserta bisa menjadi konselor yang handal, berkualitas dan mampu memberikan informasi, konseling dan pelayanan tentang permasalahan remaja sekitarnya, sehingga konselor remaja peduli dan peka terhadap permasalahan teman-teman remaja sekitarnya.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan